Translate

Senin, 09 Januari 2012

_Empat Karakter "PEMIMPIN.."

J
ika anda seorang pemimpin, ambilah kaca dan pandanglah baik-baik lalu renungkanlah :
Termasuk tipe pemimpin seperti apakah anda  setelah membaca tulisan ini ?
Atau jika anda  seorang anak buah, setidaknya bisa segera mempelajari untuk menjadi seorang pemimpin yang dicintai anak buah sehingga membuat kerja bergairah.
Berikut ini tipe-tipe pemimpin menurut Hanna yg berpengalaman sebagai Manager Restoran Kintamani dan Musicafe Group.

Type  Kolerik :
Si Pengatur. Tipe ini memiliki ego tingi, sangat rasional, aktif, serba cepat, percaya diri, optimistis, berfokus pada tugas, suka tantangan, senang kompetisi, lugas , punya inisiatif dan rasa ingin tahu tinggi, cepat mengambil keputusan, serta senang pada kekuasaan. Tapi type ini punya hobi mengatur – yang kadang tak disukai orang – otoriter, yang memicu bibit kebencian.
Kelemahan lain : Keras kepala, mau menang sendiri, sulit menerima pendapat berbeda, tak sabar, tidak teliti, tidak berperasaan,tidak suka basa basi, kurang empati, bicara to the point, sangat bossy dan selalu menolak wewenang orang lain.

Type Sanguine, influence :
Disebut sebagai si pandai bergaul. Pemimpin seperti ini energik, penuh ide spektakuler, hangat, komunikatif, humoris, berpikiran terbuka, pandai bicara, persuasive, senang bersosialisasi, suka menjadi pusat perhatian, suka perubahan, bersikap positif, toleran.
Kelemahan : Terlalu banyak bicara, bila tidak mendapat perhatian sering mencari perhatian, kurang serius, menganggap enteng masalah, moody, impulsive, tidak detail, tidak sistematis dan kurang terorganisasi.

Type Flegmatik, steadiness:
Yang dijuluki si pemelihara hubungan. Kekuatannya berpegang pada status quo, taat pada tradisi dan nilai nilai, berprinsip hidup harmonis, sangat mengagungkan orientasi, sabar tidak menyukai konflik, mengutamakan hubungan baik, sangat setia, tulus hati suka rutinitas, stabil, konsisten, senang menolong, menghargai pendapat orang lain, guru yang baik.
Kelemahannya, lebih peduli pada orang banyak daripada tugas, selalu mencari aman, lambat merespons, menghindari perubahan, kaku bila menghadapi situasi baru, kurang tegas, konservatif, kurang inisiatif, dan kurang mengasah kreativitasnya.

Type Melankolis, compliance :
Yang sering dipanggil si pemikir yang teliti. Kekuatannya konseptor, sangat teratur, terencana, rapi, berfokus pada tugas, disiplin, akurat, mengutamakan sistim prosedur, suka menganalisis dan merancang sesuatu, detail, kritis, hati-hati, logis, objektif, dan mengutamakan standar tinggi.
Kelemahannya : adalah sulit menugasi dan percaya pada orang lain, lambat  mengambil keputusan, sensitive, mudah tersinggung, tertutup, menyimpan perasaan khawatir, dan kurang terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar